6 Hal yang Dilarang Dilakukan di Smartphone Android

Hal yang Dilarang di Android – Smartphone Android telah menjadi ekosistem mobile yang populer digunakan oleh banyak kalangan terutama para pabrikan smartphone. Dengan keunggulan Android yang bersifat open-source telah memberikan kesempatan berbagai pihak untuk menggunakannya dan berlomba-lomba menambahkan berbagai fitur selain fitur standar yang sudah ada. Hanya saja ternyata ada beberapa hal yang dilarang dilakukan sdi smartphone Android. Hal ini penting agar smartphone tak hanya bisa digunakan untuk berkomunikasi melalui aplikasi pesan instan, kamu juga bisa bersenang-senang seperti bermain gim, menonton film secara streaming, dan juga mencari pasangan di aplikasi kencan online.

Hal yang dilarang dilakukan di smartphone Android

Bukan itu saja, dengan smartphone Android, kamu bahkan bisa berbelanja melalui aplikasi belanja online, mencari informasi lewat aplikasi berita, juga melakukan aktivitas sehari-hari seperti mengedit foto dan lain sebagainya.

Nah, agar smartphone Android kesayangan kamu awet, jangan sekali-kali melakukan 6 (enam) hal ini. Sebagai perangkat canggih, smartphone Android juga butuh perhatian khusus dari penggunanya.

1. Lupa Mengaktifkan Fitur Lock Smartphone Android
Semakin sering kamu berinteraksi dengan smartphone Android, kian banyak pula data yang tersimpan di dalamnya: mulai dari foto, video, data pekerjaan hingga percakapan penting. Karena itu, amankan semuanya dengan selalu mengunci layar smartphone.

Ada banyak cara mengunci smartphone, bisa menggunakan PIN, password, dan kunci pola. Bahkan saat ini kamu bisa menggunakan sidik jari atau iris scanner.

2. Malas Melakukan Update
Tidak hanya di samrtphone berbasis iOS seperti iPhone, di smartphone Android juga selalu tersedia update dari pabrikan smartphone yang Anda gunakan, lakukan download untuk segera mengupdatenya. Karena setiap kali ada update sistem operasi, Google bukan hanya memberikan tampilan baru, tapi juga menambahkan fitur baru dan menambal celah keamanan.

3. Hindari Men-charge Smartphone Menggunakan Colokan USB Komputer
Selalu bawa adapter charger bawaan smartphone ke mana pun kamu pergi. Jangan biasakan mengisi daya smartphone lewat colokan USB komputer, karena hanya akan merusak baterai.

Selain itu, jika kamu sembarangan isi daya di komputer orang, bisa-bisa data kamu ikut pindah.

4. Lupa Melakukan Backup
Jika di smartphone kamu banyak data penting, jangan lupa backup. Misalnya backup obrolan di aplikasi pesan instan ke Google Drive, foto ke Google Photos atau backup ke komputer. Kamu tidak tahu kan, kapan smartphone Android kamu rusak atau hilang?

5. Jangan Semuanya Disimpan Online
Dengan internet super cepat 4G LTE saat ini, semua bisa disimpan online dengan cepat dan mudah. Foto, video hingga dokumen, tapi jangan hanya menyimpannya secara online, selalu buat cadangan secara offline di komputer atau hard disk eksternal.

Mengapa? Kamu tidak pernah tahu sampai kapan layanan online ini akan bertahan. Jika terjadi sesuatu pada layanan online tersebut, apa kabar data-datamu? Sebagai pengingat, hal ini pernah terjadi saat banyak orang menggunakan MegaUpload.

6. Jangan Sembarangan Menginstal Aplikasi
Dengan banyaknya aplikasi di Google Play Store, apa kamu yakin aplikasi-aplikasi itu aman semuanya? Jangan asal menginstal aplikasi di Android, apalagi jika dari luar Google Play Store, bisa-bisa smartphone kamu terancam malware berbahaya.

Dengan mengaplikasikan 6 hal yang dilarang dilakukan di smartphone Android seperti di atas, maka setidaknya Anda bisa meminimalisir celah keamanan yang bisa digunakan oleh orang lain untuk mengksploitasi atau meretas data yang ada di samrtphone. Apalagi di era yang semkain modern dan cepat ini, banyak ditemukan berbagai kalangan mengandalkan samrtphone mereka sebagai penyimpan data penting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *