Mengatasi Sinyal Hilang di Redmi 2 dan Redmi 2 Prime

Mengatasi Sinyal Hilang di Redmi 2

Sinyal Hilang Redmi 2 – Kasus sinyal hilang di Redmi 2 dan Redmi 2 Prime merupakan salah satu masalah yang klasik dan terkadang berulang. Hal ini umum terjadi saat pengguna smartphone Xiaomi ini melakukan proses upgrade ke versi yang lebih tinggi atau saat mengganti ROM distributor atau ROM versi China ke versi ROM Global yang bertujuan untuk mendapatkan dukungan Bahasa Indonesia.

Hanya saja masalah sinyal hilang sebenarnya hanya terjadi pada beberapa type dari smartphone seri Redmi 2 atau Redmi 2 Prime yaitu pada model bernomor 2014811 dan 2014813. Kedua model tersebut sering dilaporkan mengalami masalah tersebut, dan tentu saja hal ini menjadi pengalaman yang tidak mengenakkan karena bagi orang awam hal ini merupakan masalah yang tidak biasa dan akhirnya berujung pada penilaian terhadap keseluruhan produk Xiaomi.

Problem sinyal hilang sebenarnya masalah software atau firmware dan bukan hal yang menakutkan. Caranya pun cukup mudah yaitu dengan melakukan flashing modem NON-HLOS ke smartphone Redmi 2 seperti yang akan dijabarkan di bawah ini.

Cara Mengatasi Sinyal Hilang di Redmi 2 tanpa PC

Sebelum memulai proses flashing guna mengatasi sinyal hilang di Redmi 2 dan Redmi 2 Prime, perlu disiapkan beberapa hal sebagai berikut, seperti:
1. Jika perlu, lakukan backup sebagai langkah hati-hati jika terjadi hal yang tidak diinginkan.
2. Pastikan kondisi baterai smartphone di level minimal 60%
3. Download file Modem NON-HLOS disesuaikan dengan nomor model-nya.

Model nomor produk pada Xiaomi Redmi 2 atau Redmi 2 Prime bisa diketahui dengan cara melihat keterangan yang tertera di box atau pada informasi yang tertera di body belakang (tempat baterai) perangkat.

Cara Mengatasi Sinyal Hilang di Redmi 2

Cara Install Modem NON-HLOS lewat Mi Recovery, CWM atau TWRP

Copy-kan dan simpan file Modem NON-HLOS yang sudah didownload ke memori internal perangkat. Dan ubah nama filenya menjadi update.zip untuk kamu yang ingin melakukan flashing lewat Mi Recovery, sedangkan yang melakukan flashing menggunakan custom recovery seperti CWM atau TWRP nama file tidak harus diubah.

Cara Flash file Modem NON-HLOS menggunakan Mi Recovery

  • Pastikan file Modem NON-HLOS sudah di ubah namanya menjadi update.zip dan telah disimpan di memori internal perangkat.
  • Matikan (turn-off) perangkat Xiaomi Redmi 2/Prime, dan pastikan juga daya baterainya mencukupi (amannya minimal 60%).
  • Matikan smartphone, lalu masuk ke Mi Recovery dengan cara menekan dan menahan tombol “Volume up(+)” dan “Power” secara bersamaan hingga menu Recovery muncul dilayar.
  • Dihalaman pertama pada modus Recovery, pilih “English” untuk memilih bahasa .
  • Di mode Recovery gunakan tombol “Volume Up(+)” dan “Volume Down(-)” untuk menavigasi (naik turun) menu, dan gunakan tombol “Power” untuk mengeksesuki menu yang dipilih.
  • Berikutnya, pilih menu “Install Update.Zip to System” (Yes jika pesan konfirmasi muncul). Tunggu hingga prosesnya selesai.
  • Setelah proses selesai, pilih “Back” untuk kembali helaman main menu. Lalu pilih menu “Reboot > Reboot to System One (latest)” untuk menyalakan kembali perangkat secara normal.

Setelah menyala, sampai disini sinyal untuk kedua simcard (sim1 dan sim2) seharusnya sudah bisa muncul dan normal kembali. Tapi apabila masih belum juga berhasil, coba lakukan Wipe lewat mode recovery dengan memilih Wipe & Reset > pilih Wipe Chache dan Wipe user Data (ingat proses wipe hanya opsional saja).

Cara Install Modem NON-HLOS juga Bisa Lewat Aplikasi Updater

Selain lewat recovery, file Modem NON-HLOS juga bisa di install langsung lewat aplikasi updater dengan cara seperti berikut:

  • Buka aplikasi “Updater/Pembaruan”.
  • Berikutnya tap “icon tiga titik” yang ada di sudut kanan atas, lalu pilih menu “Select Update Package/Pilih Paket Pembaruan”.
  • Xiaomi MIUI Updater.
  • Cari dan pilih file Modem NON-HLOS yang sudah kamu download sebelumnya
    Proses install akan dimulai, tunggu dan ikuti saja proses yang sedang berlangsung.

Sampai disini bila semuanya berjalan lancar, maka sinyal yang tadinya hilang di perangkat Xiaomi Redmi 2/Prime (model produk 2014811 atau 2014813) akan normal dan muncul kembali.

Proses flashing untuk mengatasi sinyal hilang di Redmi 2 dan Redmi 2 Prime cukup dilakukan dengan cara di atas dan tanpa perlu menggunakan bantuan PC atau laptop. Namun hal ini tidak bisa dilakukan pada seri smartphone Xiaomi lainnya karena file modem NON-HLOS di atas hanya bisa digunakan di seri Redmi 2. Kedua proses diatas sudah pernah berhasil diterapkan pada Xiaomi Redmi 2 Prime mode 2014813 dengan ROM Stable Global MIUI7 (V7.1.3.0) based on Android Kitkat 4.4.4.

Jika ingin mengatasi sinyal hilang pada seri smartphone Redmi 3, langkah-langkahnya bisa menggunakan langkah-langkah yang ada di atas tetapi file modem harus diganti dengan yang sesuai dengan tipe smartphone, karena jika menggunakan file yang berbeda malah berisiko adanya kerusakan hardware modem pada ponsel.

Sekali lagi, lakukan proses flashing di atas hanya untuk seri smartphone Redmi 2 dan Redmi 2 Prime dengan model produk bernomor 2014811 dan 2014813.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *