5 Trik Fotografi Smartphone yang Keren

Trik Fotografi Keren dengan Kamera Handphone – Memotret kini menjadi sebuah hal yang biasa dilakukan diberbagai kesempatan meskipun dengan “senjata” seadanya yaitu kamera handphone. Meskipun kamera smartphone memiliki keterbatasan, tetapi dengan mengikuti trik fotografi smartphone akan dihasilkan sebuah karya photo yang juga keren yang tidak kalah dengan kamera lainnya seperti mirrorless ataupun DSLR.

Kekuatan dari kamera handphone adalah kepraktisannya, tidak perlu repot membawa kamera yang mahal dan berat sehingga momen-momen tertentu dapat dengan segera dicapture dan diabadikan, serta mengunggahnya ke media sosial seperti instagram, facebook mapun path.

5 Trik Fotografi Smartphone untuk menghasilkan foto sebagus kamera digital

Dengan kepraktisan kamera smartphone, tentunya diperlukan trik fotografi smartphone agar hasil foto bisa optimal dan sebagus hasil foto kamera digital. Untuk mendapatkan hasil tersebut maka lakukan beberapa trik fotografi di bawah sebagai berikut:

Trik Fotografi Smartphone

Ada 5 trik fotografi yang bisa diikuti untuk mendapatkan hasil foto sebagus kamera digital, mari kita simak satu persatu trik-trik tersebut.

1. Selalu Gunakan Tripod atau Monopod
Foto yang baik adalah foto yang tajam dan fokus. Lantas, bagaimana caranya mendapat foto tajam? Salah satunya adalah dengan menggunakan penyangga seperti Monopod atau Tripod. Dengan begitu, hasil foto setidaknya tidak shaking atau blurry.

2. Selalu Memperhatikan Cahaya di Sekitar Objek Foto
Ini adalah faktor yang tidak kalah penting. Komposisi cahaya yang baik akan menghasilkan gambar yang baik pula. Jika cahaya di sekitar objek kurang, hasilnya foto terlihat berbintik dan pecah. Sebaliknya, jika terlalu banyak cahaya, hasilnya akan over-exposured.

3. Prinsip Rule of Third
Fitur Rule of third biasanya berupa grid yang ada di tiap kamera smartphone. Tujuannya agar pengguna bisa menyesuaikan titik horizontal dan vertikal, serta menentukan titik menarik objek foto.

4. Aktifkan Modus HDR
Untuk mendapat foto lebih tajam, pengguna bisa mengaktifkan modus High Dynamic Range (HDR). HDR menggabungkan tiga exposure sehingga sudut paling terang dan gelap bisa terlihat jelas. Namun ukuran file foto HDR relatif lebih besar dibanding ukuran file foto biasa.

5. Gunakan Filter
Setiap foto pasti menceritakan kesan berbeda. Gunakanlah filter yang ada untuk mempertajam kesan itu. Misalnya untuk memberi kesan kalem, gunakan filter kebiruan. Sementara untuk memberi kesan elegan, gunakan filter kecoklatan.

Mengikuti Trik fotografi di atas tidak menjamin semua foto yang kita ambil akan sebagus yang kita inginkan. Trik ini harus diasah terus menerus, dipraktekan disetiap kesempatan dan ibarat pisau harus diasah secara berkala guna menjaga ketajaman pisau tersebut. Demikian pula dengan teknik fotografi, Anda harus mencoba berbagai trik tersebut disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi di lapangan juga smartphone yang digunakan. Semakin banyak berlatih dengan mengikuti trik fotografi smartphone di atas, maka Anda akan semakin paham dengan karakter smartphone yang digunakan.

Kamera disetiap smartphone pun memiliki spesifikasi berbeda-beda dengan berbagai fitur yang beragam. Misalkan adanya fitur panoramic untuk mengambil foto pemandangan dengan lensa yang lebih besar. Artinya, pemahaman akan kamera smartphone yang digunakan yang diintegrasikan dengan trik fotografi smartphone akan semakin berpotensi menghasilkan foto yang bagus dan keren.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *