Fitur Galaxy Note 8 Kaya akan Kemampuan Multimedia

Samsung menggebrak lagi dunia smartphone Android setelah terseok-seok dengan penarikan smartphone flagship Galaxy Note 7 yang memakan biaya hingga p 13 trilyun. Gebrakan baru ini merupakan penerus dari seri Note yang dinamakan Galaxy Note 8. Terkait dengan perilisan phablet terbaru mereka ini, Samsung pun ternyata tidak sabar dengan membuka suara dengan menyatakan bahwa fitur Galaxy Note 8 kaya akan kemampuan multimedia.

Seperti banyak diberitakan di media internet, CEO Samsung DJ Koh berjanji untuk menghadirkan sebuah perangkat Galaxy Note yang lebih baik. Dalam komentarnya, “Samsung berjanji untuk menghadirkan Galaxy Note 8 yang lebih baik, lebih aman, dan inovatif,” kata Koh. Sekadar informasi, perusahaan yang bermarkas di Seoul, Korea Selatan itu diperkirakan menghadirkan fitur multimedia ekstra pada Galaxy Note 8.
Spesifikasi dan Harga Galaxy Note 8
Selain itu, Samsung juga dikabarkan menyajikan sertifikasi layar HDR dan berbagai fitur lain, salah satunya untuk menambah kepekaan S Pen yang hadir pada lini Galaxy Note. Sebelumnya, perusahaan juga berjanji untuk membuat segala sesuatu berkaitan dengan Galaxy Note 8 berjalan lebih mulus. Janji itu diwujudkan salah satunya dengan menguji coba sasis baru dan kemasan baterai Galaxy Note 8.

Totalitas Samsung di Galaxy Note 8 merupakan penebusan dosa setelah isu Galaxy Note 7 yang menguras keuntungan bersih pabrikan smartphone Korea ini. Totalitas ini dilakukan untuk satu tujuan, yaitu meraih kembali kepercayaan pengguna smartphone flagship Galaxy Note.

DJ Koh juga dikabarkan menjanjikan berbagai hal menarik akan ada pada Galaxy Note 8. Sekadar diketahui, Galaxy Note 8 disebut-sebut akan mengusung spesifikasi berupa layar 6,3 inci dengan aspek rasio 18,5:9, prosesor terbaru Snapdragon atau Exynos, RAM 6GB, dan baterai hingga 3.300mAh.

Seri Galaxy Note milik Samsung pertama kali dirilis pada 2011. Dibandingkan lini lain, Galaxy Note hari dengan beragam fitur multimedia, mulai dari layar lebar dan S Pen. Sesuai yang diungkap oleh Koh, pada Galaxy Note 8, Samsung kemungkinan akan menghadirkan fitur multimedia yang lebih kaya dan maju.

Performa lini Galaxy Note dari Samsung sebenarnya cukup mumpuni dan disukai oleh kalangan bisnis karena adanya berbagai tool yang mampu menopang produktivitas seseorang saat menggunakan smartphone ini. Sejak kemunculan kali pertama Galaxy Note, banyak fitur yang telah ditambahkan seperti fitur terbaru dan peningkatan kinerja pada Galaxy Note 5. Namun sejak kejadian Galaxy Note 7, Samsung sepertinya sudah belajar dari kesalahan dan kini akan ditebusnya di Galaxy Note 8.

Semoga saja penebusan dosa tersebut dibarengi juga dengan banderol harga Galaxy Note 8 yang tidak terlalu dalam merogoh saku celana. Juga tentunya, peningkatan diberbagai lini seperti performa, kinerja, penggunaan baterai yang hemat dan tentunya tidak panas. Untuk bisa mengetahui itu semua, sepertinya kita perlu menunggu beberapa hari lagi.

Xiaomi Merilis MIUI 9

Xioami MIUI 9 – Xiaomi sebelumnya dilaporkan akan merilis MIUI 9 bersamaan dengan Mi 5X pada hari ini, Tidak hanya itu, Xiaomi Mi 6 dan Redmi Note 4X diduga jadi smartphone Xiaomi pertama yang menerima pembaruan MIUI 9. Baru-baru ini, perusahaan yang bermarkas di Beijing juga mengonfirmasi akan merilis MIUI 9 untuk Mi 2S, sebuah perangkat yang dirilis pada 2013.
Peluncuran MIUI 9

Mengutip laman Gizmochina, Senin (24/7/2017), selain Xiaomi Mi 1, tampaknya semua smartphone dan tablet Xiaomi akan menerima pembaruan MIUI 9. Hal ini didasarkan pada sebuah tangkapan layar dari registrasi aplikasi MIUI 9 beta. Hasil tangkapan layar itu memperlihatkan daftar perangkat Xiaomi yang user interface-nya bisa diperbarui ke MIUI 9.

Berikut adalah daftar perangkat yang dimaksud:
Smartphone Mi: Xiaomi Mi 6, Mi 5s Plus, Mi 5s, Mi 5c, Mi 5, Mi 4S, Mi 4C, Mi 4, Mi 2, Mi 2, Mi MIX, Mi Max 2, Mi Max, Mi Note 2, Mi Note Pro, Mi Note, Mi Pad 3, Mi Pad 2, dan Mi Pad.

Smartphone Redmi Note: Redmi 4X, Redmi 4A, Redmi 3S, Redmi 3X, Redmi 3, Redmi 2A, Redmi 2, Redmi 1S, dan Redmi 1.

Disebutkan pula, smartphone di atas mendapatkan pembaruan MIUI secara berkelanjutan. Pada tahap pertama, smartphone yang mendapat MIUI 9 adalah Mi 6, Redmi Note 4X, dan perangkat-perangkat terbaru. Sementara, pada tahap selanjutnya perangkat yang mendapatkan pembaruan MIUI 9 di antaranya Mi Note 2. Sisanya bertahap sesuai jadwal Xiaomi.

Xiaomi sebelumnya mengonfirmasi akan merilis update Android 7.1 Nougat untuk Mi 6, Mi Max 2, Mi 5C, dan Redmi 4X. Perusahaan juga akan merilis update Android 7.0 Nougat untuk Mi Max, Mi MIX, Mi Note 2, Mi Note Pro, Mi 5, Mi 5S, Redmi 4S, Redmi 4C, dan Redmi 4X.

Kehadiran MIUI 9 sudah ditunggu-tunggu sejak kali pertama diumumkan oleh Xiaomi sebagai penerus dari MIUI 8 yang membawa berbagai fitur-fitur baru, peningkatan performa, dan perbaikan dari bug-bug yang ada. Di MIUI 9 juga Xiaomi menunjukkan keseriusannya dan menjadi perhatian para kompetitor bahwa Xiaomi sebagai pabrikan smartphone Android akan selalu hadir dengan produk-produk baru dan dukungan yang terus menerus ke perangkat smartphone yang mereka buat.

Tentunya bagi pengguna smartphone Xiaomi akan sangat menyenangkan jika ada fitur unggulan MIUI 9 yang sangat bermanfaat bagi mereka seperti apa yang dihadirkan di MIUI 8 dengan fitur Dual Apps dimana bisa digunakan untuk multi login ke akun chat ataupun media sosial.

Mengatasi Sinyal Hilang di Redmi 2 dan Redmi 2 Prime

Mengatasi Sinyal Hilang di Redmi 2

Sinyal Hilang Redmi 2 – Kasus sinyal hilang di Redmi 2 dan Redmi 2 Prime merupakan salah satu masalah yang klasik dan terkadang berulang. Hal ini umum terjadi saat pengguna smartphone Xiaomi ini melakukan proses upgrade ke versi yang lebih tinggi atau saat mengganti ROM distributor atau ROM versi China ke versi ROM Global yang bertujuan untuk mendapatkan dukungan Bahasa Indonesia.

Hanya saja masalah sinyal hilang sebenarnya hanya terjadi pada beberapa type dari smartphone seri Redmi 2 atau Redmi 2 Prime yaitu pada model bernomor 2014811 dan 2014813. Kedua model tersebut sering dilaporkan mengalami masalah tersebut, dan tentu saja hal ini menjadi pengalaman yang tidak mengenakkan karena bagi orang awam hal ini merupakan masalah yang tidak biasa dan akhirnya berujung pada penilaian terhadap keseluruhan produk Xiaomi.

Problem sinyal hilang sebenarnya masalah software atau firmware dan bukan hal yang menakutkan. Caranya pun cukup mudah yaitu dengan melakukan flashing modem NON-HLOS ke smartphone Redmi 2 seperti yang akan dijabarkan di bawah ini.

Cara Mengatasi Sinyal Hilang di Redmi 2 tanpa PC

Sebelum memulai proses flashing guna mengatasi sinyal hilang di Redmi 2 dan Redmi 2 Prime, perlu disiapkan beberapa hal sebagai berikut, seperti:
1. Jika perlu, lakukan backup sebagai langkah hati-hati jika terjadi hal yang tidak diinginkan.
2. Pastikan kondisi baterai smartphone di level minimal 60%
3. Download file Modem NON-HLOS disesuaikan dengan nomor model-nya.

Model nomor produk pada Xiaomi Redmi 2 atau Redmi 2 Prime bisa diketahui dengan cara melihat keterangan yang tertera di box atau pada informasi yang tertera di body belakang (tempat baterai) perangkat.

Cara Mengatasi Sinyal Hilang di Redmi 2

Cara Install Modem NON-HLOS lewat Mi Recovery, CWM atau TWRP

Copy-kan dan simpan file Modem NON-HLOS yang sudah didownload ke memori internal perangkat. Dan ubah nama filenya menjadi update.zip untuk kamu yang ingin melakukan flashing lewat Mi Recovery, sedangkan yang melakukan flashing menggunakan custom recovery seperti CWM atau TWRP nama file tidak harus diubah.

Cara Flash file Modem NON-HLOS menggunakan Mi Recovery

  • Pastikan file Modem NON-HLOS sudah di ubah namanya menjadi update.zip dan telah disimpan di memori internal perangkat.
  • Matikan (turn-off) perangkat Xiaomi Redmi 2/Prime, dan pastikan juga daya baterainya mencukupi (amannya minimal 60%).
  • Matikan smartphone, lalu masuk ke Mi Recovery dengan cara menekan dan menahan tombol “Volume up(+)” dan “Power” secara bersamaan hingga menu Recovery muncul dilayar.
  • Dihalaman pertama pada modus Recovery, pilih “English” untuk memilih bahasa .
  • Di mode Recovery gunakan tombol “Volume Up(+)” dan “Volume Down(-)” untuk menavigasi (naik turun) menu, dan gunakan tombol “Power” untuk mengeksesuki menu yang dipilih.
  • Berikutnya, pilih menu “Install Update.Zip to System” (Yes jika pesan konfirmasi muncul). Tunggu hingga prosesnya selesai.
  • Setelah proses selesai, pilih “Back” untuk kembali helaman main menu. Lalu pilih menu “Reboot > Reboot to System One (latest)” untuk menyalakan kembali perangkat secara normal.

Setelah menyala, sampai disini sinyal untuk kedua simcard (sim1 dan sim2) seharusnya sudah bisa muncul dan normal kembali. Tapi apabila masih belum juga berhasil, coba lakukan Wipe lewat mode recovery dengan memilih Wipe & Reset > pilih Wipe Chache dan Wipe user Data (ingat proses wipe hanya opsional saja).

Cara Install Modem NON-HLOS juga Bisa Lewat Aplikasi Updater

Selain lewat recovery, file Modem NON-HLOS juga bisa di install langsung lewat aplikasi updater dengan cara seperti berikut:

  • Buka aplikasi “Updater/Pembaruan”.
  • Berikutnya tap “icon tiga titik” yang ada di sudut kanan atas, lalu pilih menu “Select Update Package/Pilih Paket Pembaruan”.
  • Xiaomi MIUI Updater.
  • Cari dan pilih file Modem NON-HLOS yang sudah kamu download sebelumnya
    Proses install akan dimulai, tunggu dan ikuti saja proses yang sedang berlangsung.

Sampai disini bila semuanya berjalan lancar, maka sinyal yang tadinya hilang di perangkat Xiaomi Redmi 2/Prime (model produk 2014811 atau 2014813) akan normal dan muncul kembali.

Proses flashing untuk mengatasi sinyal hilang di Redmi 2 dan Redmi 2 Prime cukup dilakukan dengan cara di atas dan tanpa perlu menggunakan bantuan PC atau laptop. Namun hal ini tidak bisa dilakukan pada seri smartphone Xiaomi lainnya karena file modem NON-HLOS di atas hanya bisa digunakan di seri Redmi 2. Kedua proses diatas sudah pernah berhasil diterapkan pada Xiaomi Redmi 2 Prime mode 2014813 dengan ROM Stable Global MIUI7 (V7.1.3.0) based on Android Kitkat 4.4.4.

Jika ingin mengatasi sinyal hilang pada seri smartphone Redmi 3, langkah-langkahnya bisa menggunakan langkah-langkah yang ada di atas tetapi file modem harus diganti dengan yang sesuai dengan tipe smartphone, karena jika menggunakan file yang berbeda malah berisiko adanya kerusakan hardware modem pada ponsel.

Sekali lagi, lakukan proses flashing di atas hanya untuk seri smartphone Redmi 2 dan Redmi 2 Prime dengan model produk bernomor 2014811 dan 2014813.