Alasan Kenapa Pengguna Android Pindah ke iPhone

Dalam riset terbaru, ternyata cukup banyak pengguna Android yang berpaling ke iPhone. Hal ini juga dipertegas dari masalah Galaxy Note 7 yang ditarik peredarannya oleh Samsung sehingga memberikan alasan banyaknya pengguna Android pindah ke iPhone.

Efek dari kasus Galaxy Note 7 ternyata tidak berhenti disitu saja, karena hingga kini masih banyak pengguna smartphone Android yang mulai ancang-ancang meminang iPhone sebagai ponsel utama mereka. Perubahan pola pengguna Android ini ditegaskan oleh hasil riset yang diselenggarakan Consumer Intelligence Reseach Parners.
Trik dan Tips iPhone 7
Dalam riset tersebut dilibatkan sekitar 500 responden dan hasilnya pun cukup mengejutkan, dimana ada sekitar 20 persen pembeli iPhone pada kuartal pertama 2017 adalah orang-orang yang berpaling dari Android. Jumlah ini meningkat 3 persen jika dibandingkan kuartal sebelumnya.

Dengan begitu, sebagian pengguna Android yang beralih menganggap iPhone lebih layak dibeli. Tidak hanya itu, hasil riset juga menunjukkan hal lain, yakni makin banyak pengguna iPhone lawas memperbarui perangkatnya. kembali menurut riset tersebut, terdapat 34 persen orang yang membeli iPhone merupakan pengguna perangkat lawas seperti iPhone 5s, 5c, atau iPhone 4. Kedua hal di atas bisa menjadi kabar baik untuk Apple yang akan segera merilis iPhone 8.

Analis telah memprediksi iPhone 8 akan menjadi model iPhone paling laris dibandingkan model lainnya. Hal ini lantaran banyak pengguna yang ingin upgrade perangkat dan makin banyak pula pengguna Android yang beralih ke iPhone.

Bagaimana dengan kamu yang sekarang menggunakan Android, apakah kamu juga berminat untuk berpaling ke iPhone?. Harga iPhone generasi terbaru terbilang masih mahal bagi sebagian pengguna smartphone di Indonesia, namun untuk kelas seri iPhone 5, ternyata harga iPhone bekasnya sudah cukup terjangkau dan jika kamu cukup pintar dalam bernegoisasi, iPhone 5 yang kamu dapat dalam kondisi masih bagus.

iPhone 5 pun dirasa sudah cukup mumpuni untuk digunakan sebagai ponsel utama asalkan menggunakan iPhone 5 dengan versi ROM di atas 16GB. Karena dengan adanya berbagai update iOS yang dirilis oleh Apple, cukup menyita kapasitas ROM di iPhone dan ini tentunya akan berimplikasi pada performa dan kecepatan iPhone itu sendiri.

Kecepatan iPhone 8 Diatas Semua Smartphone Android

Perlombaan siapa yang paling cepat di dunia smartphone tidak hanya sesama platform atau sistem operasi yang digunakan, tetapi juga lintas platform. Banyak fans Android dan iPhone selalu beradu argumen untuk mengunggulkan kemampuan dan kecepatan smartphone masing-masing. Adu argumen ini pun terkadang menjadi sangat subyektif tanpa didasari data, melainkan hanya berdasarkan perasaaan atau istilah kekinian sekarang adalah baper. Namun hal ini sepertinya akan tambah seru karena kecepatan iPhone 8 disebut akan mengungguli semua smartphone Android yang ada.
Kecepatan iPhone 8 unggul dari smartphone Android
Seperti kita ketahui, bulan lalu, untuk pertama kalinya sebuah smartphone Android berhasil mengungguli kecepatan iPhone 7 Plus. Hal ini dianggap cukup mengejutkan, sebab selama ini iPhone hampir selalu jadi smartphone yang memiliki performa paling cepat, setidaknya hingga pengujian dilakukan oleh vlogger di layanan berbagi video YouTube.

Dan baru saja iPhone 7 Plus melawan OnePlus 5. iPhone 7 Plus pun berhasil dikalahkan dengan pengujian RAM 8GB-nya. Namun meskipun hal ini menjadi suatu keramain tersendiri di media sosial, sepertinya perusahaan yang bermarkas di Cupertino itu tak begitu peduli atas kekalahan iPhone dalam uji kecepatan yang dilakukan. Namun, Apple pasti bersikeras untuk meningkatkan kinerja cepat iPhone 8 yang bakal dirilis tahun ini.

Apple memang selalu menghadirkan perangkat yang berkinerja cepat melebihi pendahulunya dan hal ini
rasanya tidak mengherankan. Karena saat iPhone terbaru dirilis kali pertama, biasanya setiap tes yang dilakukan dengan membandingkan kecepatan iPhone dan smartphone Android akan langsung ketahuan hasilnya, yakni perangkat iPhone yang paling cepat.

Dari sebuah bocoran terbaru menunjukkan bahwa prosesor generasi terbaru yang akan dipakai pada iPhone 8 menampilkan performa luar biasa cepat. Dan hal ini meningkatkan ekpektasi para fans iPhone untuk mendapatkan pengalaman menggunakan iPhone 8 tersebut dan tentunya siklus “pertempuran” siapa yang paling cepat antara Android dengan iPhone akan dimulai kembali.

Untuk saat ini yang bisa kita lakukan adalah menunggu kehadiran secara resmi iPhone 8 dengan spesifikasi dan harga jualnya. Hal ini tentunya sangat penting untuk mengetahui kemungkinan kecepatan iPhone 8 bakal melibas kecepatan smartphone Android.

5 Tips iPhone yang Harus Kamu Ketahui

Tips iPhone Asyik – Smartphone merupakan produk teknologi yang paling banyak diadopsi oleh manusia. Kehadiran smartphone, harus diakui, telah merubah kehidupan seseorang menjadi lebih mudah. Namun, smartphone meskipun membawa nama “smart” alias “cerdas” tidak berarti penggunanya mampu menggunakan smartphone dengan cerdas dan maksimal dari berbagai fitur yang ada. Contohnya adalah dengan kehadiran iPhone, smartphone ini ternyata memiliki sejumlah fitur rahasia atau tersembunyi yang menarik dan belum diketahui, untuk itu artikel ini mencoba untuk memberikan beberapa tips iPhone yang berhubungan dengan fitur-fitur rahasia tersebut.

Trik dan Tips iPhone 7
Smartphone yang mereka punya hanya dimanfaatkan sebagai alat komunikasi dan bermain game. Padahal jika kita mengaplikasian tips iPhone di bawah ini maka penggunaan ponsel keluaran Apple tersebut akan menjadi lebih seru karena semua fitur yang tersedia mampu digunakan secara maksimal. Semoga saja dengan lima trik dan tips iPhone berikut ini dapat membantu keingintahuan akan berbagai fitur rahasia yang berguna untuk semakin menunjang kehidupan sehari-hari.

Tips iPhone yang Tersembunyi

1. Gunakan Siri untuk Menebak Lagu
Asisten virtual Siri merupakan salah satu fitur menarik yang harus dicoba oleh para pengguna iPhone. Siri tidak hanya bisa mempermudah pengguna untuk menelepon dan mengirim pesan singkat. Salah satu fungsi Siri yang belum begitu banyak diketahui adalah bisa menebak judul lagu dengan cepat. Ketika pengguna sedang mendengarkan sebuah lagu dan penasaran dengan judulnya, maka mintalah bantuan Siri.

Berikan perintah suara “what song is this?”, lalu Siri akan meminta waktu sebentar untuk mendengarkan lagu yang dimaksud. Tak lama kemudian, asisten virtual tersebut akan memberi tahu penyanyi dan judul lagunya.

2. Cara Menonaktifkan Wi-Fi dan Bluetooth dengan mudah
“Sihir” Siri yang lain adalah bisa membantu pengguna menonaktifkan Wi-Fi dan Bluetooth. Cara kerjanya pun sama, yaitu cukup mengandalkan perintah suara.

Akses fitur Siri, kemudian katakan “turn off Wi-Fi”. Kemudian Wi-Fi akan otomatis dinonaktifkan. Cara yang sama juga berlaku dengan Bluetooth.

3. Gunakan Modus Airplane untuk Mempercepat pengisian daya baterai
Sama seperti orang lain, pengguna iPhone pasti ingin proses pengisian daya baterai berjalan lebih cepat. Cara singkatnya adalah mengaktifkan mode Airplane.

Ketika mode Airplane diaktifkan, maka daya tahan baterai akan bertahan lebih lama dan membuat proses pengisiannya lebih cepat. Selain iPhone, trik ini pun berlaku untuk smartphone dengan platform lain termasuk Android.

4. Stop Musik Secara Otomatis
Salah satu kebiasaan sejumlah pengguna smartphone adalah mendengarkan musik ketika ingin tidur. Sehingga tak jarang musik terus terdengar meski penggunanya telah tertidur.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, pengguna iPhone bisa memanfaatkan aplikasi Clock. Caranya, buka aplikasi “Clock” dan pilih “Timer”. Lalu pengguna akan melihat opsi “When Timer Ends”, lalu pilih “Stop Playing”. Nantinya, musik akan berhenti secara otomatis setelah waktu yang ditentukan di Timer selesai.

5. Trik Cara Cepat Memotret
Sebenarnya para pengguna smartphone iPhone bisa mengambil gambar tanpa harus menyentuh tombol virtual pada aplikasi kamera. Hal ini karena pengguna bisa menggunakan tombol suara yang ada di sisi kiri iPhone.

Pada awal-awal menggunakan fitur iPhone rahasia ini pasti akan dianggap “orang gila” karena berbicara dengan smartphonenya, terlebih jika dilakukan di tempat umum yang pasti akan sangat menarik perhatian orang-orang sekitar. Untuk itu berlatihlah di rumah, kamar atau tempat yang dianggap sepi agar voice command control untuk iPhone yang kita gunakan semakin bagus dalam mengenali suara.

Platform mobile lainnya seperti Android dan Windows juga memiliki fitur-fitur rahasia yang masih tersembunyi dan belum banyak diketahui para pengguna smartphone tersebut, ditambah lagi dengan adanya fitur tersembunyi dari pabrikan Android seperti Xiaomi dengan MIUI, Meizu dengan Flyme OS dan lain sebagainya.

Mari nikmati cara menggunakan iPhone yang baru dengan beberapa tips iPhone di atas agar penggunaan smartphone ini tidak hanya sekedar bermain game, menerima panggilan ataupun sekedar digunakan untuk bersosial media.

3 Tips Cara Mengatasi Masalah yang Umum Terjadi pada Baterai iPhone

Mengatasi Masalah Baterai di iPhone – Perangkat elektronik seiring waktu berjalan pasti mengalami penurunan kinerjanya, termasuk pada smartphone yang kini menjadi barang eletronik yang selalu menyertai kemanapun kita beraktivitas. Penurunan performa ini tidak melihat apakah itu smartphone android ataupun iPhone atau juga feature phone, karena ponsel apapun pasti menggunakan baterai. Dan untuk kali ini kita akan membahas bagaimana mengatasi masalah yang umum terjadi pada baterai iPhone.

Lalu bagaimana kita menilai penurunan kinerja kemampuan iPhone?, salah satunya adalah menggunakan tolak ukur masa pakai baterainya, yang tentunya tidak sama seperti dulu lagi. Berhubung baterai iPhone menggunakan model tanam, tentu saja hal ini agak menyulitkan saat ingin mengganti baterainya dibandingkan dengan smartphone yang menggunakan tipe baterai bongkar pasang yang jamak kita jumpai di smartphone android.

Problem baterai merupakan masalah yang umum ditemui dan tidak hanya berlaku di iPhone model lama saja. Beberapa iPhone terbaru pun dilaporkan mengalami masalah baterai seperti iPhone mati sebelum daya baterai habis. Dengan mengetahui masalah yang umum terjadi pada baterai iPhone dan cara mengatasinya, maka kita bisa lebih waspada agar hal-hal tersebut tidak terjadi di iPhone yang kita gunakan.

3 Masalah Baterai iPhone yang Umum Terjadi

Dari berbagai sumber yang tersebar di internet, permasalahan baterai iPhone yang kerap terjadi bisa dikategorikan menjadi 3 hal sebagai berikut.

1. Baterai iPhone Boros
Kerap pertanyaan kenapa baterai iPhone boros dilontarkan oleh para penggunanya. Jawaban yang pasti pun tidak bisa diberikan karena adanya beberapa alasan yang menyebabkan hal ini terjadi. Untuk mengetahui mengapa baterai iPhone terkuras lebih cepat dari biasanya, maka perlu dilakukan hal-hal sebagai berikut:

Temukan aplikasi mana saja yang menguras baterai iPhone selama 24 jam atau 7 hari, caranya dengan masuk ke menu Settings > Battery. Di bawah kolom Battery Usage, akan terlihat daftar aplikasi mana saja yang menggunakan baterai iPhone mu.
Kini temukan aplikasi yang paling banyak menggunakan daya baterai iPhone, jika dirasa aplikasi tersebut tidak perlu kamu gunakan, maka segera hapus aplikasi tersebut. Atau jika memang sangat perlu, cari aplikasi alternatif lainnya yang cocok dengan kebutuhan kamu atas aplikasi tersebut.

Namun sebelum menghapusnya, ada baiknya kamu mengecek apakah aplikasi tersebut memiliki pemberitahuan Background Activity atau Background Location. Kebanyakan aplikasi menyedot daya baterai lebih banyak karena selalu update informasi atau melacak lokasi.

Untuk mematikan update informasi aplikasi, kamu bisa masuk ke Settings > General > Background App Refresh. Untuk menonaktifkan lokasi GPS, masuk ke Settings > Privacy > Location Services.

Sejumlah pihak mengatakan daya pakai baterai lebih awet ketika fitur “Hey Siri” dimatikan. Dengan begini, iPhone tidak harus selalu “mendengar” ketika dua kata ajaib itu terucap. Untuk mematikannya, masuk ke menu Settings > Siri dan geser tombol Allow “Hey Siri”.

2. iPhone Mati Secara Tiba-Tiba
Banyak penulis temui iPhone yang dijual dengan harga miring di berbagai forum jual beli dikarenakan adanya masalah smartphone tersebut mati secara tiba-tiba. Hal ini ternyata menjadi masalah yang acapkali menimpa baterai iPhone dan masalah ini terbilang cukup rumit untuk diatasi. Dari berbagai sumber artikel di Internet menyebutkan perlu dilakukannya kalibrasi baterai di iPhone tersebut dengan cara membiarkannya habis secara total dan mengisi daya kembali hingga seratus persen.
Mengatasi Masalah pada Baterai iPhone

Hanya saja jika masalah ini masih terjadi meskipun kalibrasi baterai pada iPhone telah dilakukan, maka sebaiknya lakukan pengecekan apakah ada update software yang Apple rilis baru-baru saja. Caranya mengecknya pun cukup mudah yaitu dengan masuk ke menu Settings > Software Update.

Jika sudah menggunakan iOS terkini, mungkin tidak ada salahnya kamu reset iPhone dan mulai kembali dari awal. Jangan khawatir, kamu bisa restore iPhone yang di-reset seperti sediakala bila kamu sudah melakukan backup data via iTunes atau iCloud. Cara reset iPhone pun cukup mudah yaitu dengan masuk ke menu Settings > General > Reset dan tap Erase All Content and Settings.

3. iPhone Terasa Panas Saat Di-charge
Saat iPhone di-charge ulang, terasa hangat merupakan hal yang wajar karena adanya proses pengisian daya ke baterai. Namun jika iPhone terasa panas saat dicharge, maka perlu dicurigai apakah kepala charger atau kabel yang digunakan sesuai dengan rekomendasi dari Apple alias orisinil.
Hal ini perlu dicek karena banyak kasus iPhone yang panas saat dicharge disebabkan oleh penggunaan kabel atau kepala charger pihak ketiga yang banyak dijual di toko online atau offline.

Jangan tergiur dengan harga yang murah namun bisa merusak iPhone yang kita punya. Gunakan selalu kepala charger dan kabel yang mempunyai logo seperti di bawah ini yang berarti mendapatkan sertifikasi resmi atau rekomendasi dari Apple. Atau, jika dirasa mahal untuk membeli yang baru, kini banyak toko yang menjual kepala charger dan kabel orisinal bekas.
Dengan mengetahui 3 masalah yang kerap terjadi di baterai iPhone dan solusi atas masalah tersebut, tentu akan memudahkan kita saat menganalisa jika problem tersebut menimpa iPhone yang kita gunakan. Perangkat smartphone iPhone merupakan salah satu smartphone dengan harga yang premium, jadi sudah seharusnya kita harus mengetahui berbagai tips yang berkaitan dengan iPhone agar masa pakainya bisa awet dan tahan lama.