PlayStation 5 Meluncur di Pasaran pada 2019

PlayStation 5 – Para Pakar memprediksikan PlayStation 5 akan dirilis secara resmi di pasaran pada tahun 2019. Hal ini berkaitan dengan santernya kabar jika Sony sedang mempersiapkan generasi penerus konsol game terbaik mereka. Dan tentu saja hal ini menjadi kabar gembira namun juga kabar buruk karena belum genap satu tahun sejak PlayStation 4 (PS4) Pro dirilis secara global pada 10 November 2016.

Tentu saja perkiraan ini sangat berdasar karena dalam sebuah sesi wawancara dengan GamingBolt, analis Michael Pachter memerkirakan Sony akan meluncurkan PS5 paling cepat pada 2019. “PlayStation 5 akan mengalami peningkatan tidak terlalu signifikan sebagaimana PS4 Pro menjadi versi upgrade PS4,” ungkap Pachter.
Sony PlayStation 5

Michael Pachter juga menambahkan komentar dalam wawancara tersebut, “Kecil kemungkinan Sony meluncurkan konsol ini pada 2018. Besar kemungkinan tahun 2019 dipilih karena menunggu pasar TV 4K mencapai 50 persen di Amerika Serikat dan 35 persen di belahan dunia lainnya. Setelah mencapai target, Sony akan meluncurkan konsol tersebut.”

Seperti kita tahu, adopsi teknologi 4K untuk TV masih kurang menggembirakan, hal ini terlihat dari nilai penjualan TV 4K yang belum mencapai nilai yang diharapkan. Sedangkan konsol game Sony saat ini yaitu PS4 Pro akan terlihat performa grafis-nya jika menggunakan televisi yang mendukung teknologi 4K.

Hanya saja, ada analisa menarik lainnya dari Damian Thong, Macquarie Capital Securities yang memperkirakan PlayStation 5 akan dirilis tahun depan yaitu di tahun 2018 sebagai jawaban Sony atas peluncuran konsol game terbaru raksasa software Microsoft yang dinamakan Xbox One X. Namun sepertinya Sony tidak tertarik untuk secara head to head menghadapi konsol game tersebut karena mereka cukup percaya diri dengan versi upgrade PlayStation 4 yang akan mampu menghadapi persaingan dengan konsol game Xbox terlebih dengan banyaknya game eksklusif yang hanya ada di platform PlayStation ditambah dengan adanya PlayStation Virtual Reality atau PSVR.

Yang menjadi menarik akan beredanya kabar peluncuran PlayStation 5 adalah spesifikasi PS5 itu sendiri yang menurut gosip terpercaya akan mengusung spesifikasi hardware setara dengan PC gaming dengan kartu grafis yang memiliki kemampuan seperti kartu grafis Nvidia GeForce GTX 1070 atau AMD Vega. Karena jika hal ini terjadi maka PS5 akan menjadi konsol game dengan spesifikasi tertinggi mengalahkan Xbox One X.

Masih ada waktu sebelum PS5 secara resmi dirilis ke pasaran, dan bagi yang ingin membeli PlayStation 5 tentu masih ada waktu untuk menabung. Karena jika merujuk pada spesifikasi hardware yang akan digunakan, maka harga PlayStation 5 akan cukup mahal dibandingkan saat kali pertama PS4 dirilis ke pasar.

Lock Jaringan 4G di Windows 10 Mobile

Lock Jaringan 4G di Windows 10 Mobile – Mengaktifkan jaringan 4G di Android merupakan hal yang sudah biasa bahkan secara default sudah aktif di smartphone generasi terbaru asalkan kartu SIM card yang digunakan sudah 4G ready. Bahkan di Android dapat mengunci koneksi jaringan agar dapat berjalan di frekuensi tertentu saja, misalnya hanya di jaringan 4G LTE atau 3G/HSDPA/HSPA, lalu bagaimana dengan smartphone yang berbasis Windows 10 Mobile seperti pada smartphone Lumia yang ternyata juga punya caranya sendiri untuk melakukan hal yang sama.

Ternyata untuk lock jaringan 4G di Windows 10 Mobile seperti pada smartphone Lumia sangatlah mudah. Tidak seperti yang diperkirakan banyak orang yang menganggap sulitnya mengunci koneksi jaringan 4G di Lumia, hal ini wajar karena jarang ditemui smartphone ini digunakan banyak orang. Dengan mengikuti tutorial singkat di bawah ini maka jaringan 4G akan terkunci dengan mudah.

Cara Mudah Me-lock Jaringan 4G di Windows 10

Ada dua cara yang dapat dilakukan untuk me-lock jaringan 4G di ponsel berbasis Windows 10 Mobile. Untuk itu silahkan gunakan cara yang cocok bagi perangkat-mu

1. Cara Lock Jaringan 4G/3G melalui Pengaturan Ponsel

Smartphone Lumia mempunyai opsi lock jaringan secara default di menu pengaturan setting. Dengan memanfaatkan opsi yang sudah ada, maka lock jaringan 4G atau 3G bisa dilakukan dengan mengikuti tutorial gambar di bawah ini.

Lock Jaringan 4G di Windows 10 Mobile

Silakan masuk ke menu “Pengaturan Ponsel > Jaringan & Nirkabel > Seluler & SIM” kemudian pilih SIM yang ingin di lock jaringannya (untuk Lumia dual SIM) kemudian pilih “Pengaturan SIM” lalu pada bagian opsi “Kecepatan koneksi tertinggi” silahkan atur jaringan apakah ingin hanya di jaringan 4G atau hanya di 3G saja. Cukup mudah bukan.

2. Cara Lock Jaringan ke 4G atau 3G Melalui Field Test

Cara yang kedua adalah jika smartphone Lumia yang digunakan tidak memiliki pilihan opsi lock jaringan di pengaturannya, tentu hal ini akan merepotkan dan tidak semudah seperti pada cara pertama di atas. Namun hal ini bisa diatasi dengan menggunakan metode yang lain, metode ini tentunya akan membantu untuk mengunci jaringan yaitu menggunakan tool Field Test, dimana pada umumnya tool Field Test tersedia secara default di semua perangkat Windows 10 Mobile.

Langkah pertama masuk ke menu Field Test. Ada dua cara untuk mengakses menu Field Test, tergantung ke cocokan jenis perangkat yang digunakan.

Cara Mudah Lock Jaringan 4G di Windows 10 Mobile

Di halaman Field Test pilih “Settings > Band Locking” lalu tentukan jaringan apa yang ingin dikunci atau di-lock. Contoh bila ingin me-lock jaringan 4G LTE maka beri centang pada semua opsi yang mengandung tulisan LTE dan hilangkah centang pada pilihan lainnya.

Di halaman band locking ada beberapa opsi. Opsi yang mengadung teks LTE adalah jaringan 4G, sementara WCDMA adalah 3G, dan GSM adalah Edge.

Mengunci jaringan ke settingan tertentu merupakan langkah awal mengoptimalkan ketersediaan jaringan yang ada dan sesuai dengan smartphone Windows 10 Mobile. Selain itu, dengan me-lock jaringan ke 4G LTE saja atau 3G saja, akan menghemat baterai smartphone karena smartphone tidak perlu flip-flop atau berganti-ganti tipe koneksi yang tentunya akan membutuhkan daya baterai.

Cara Menghentikan Layanan Penyedot Pulsa IM3

Penyedot Pulsa IM3 – Meskipun pengguna SMS semakin berkurang, ternyata layanan premium berbasis SMS masih cukup gencar menyapa para pemilik ponsel dan hal ini seringnya sangat menjengkelkan karena tanpa kita sadari malah menyedot pulsa. Dan hal ini juga terjadi di nomor Indosat Ooredoo IM3 ataupun Mentari, yang jika kita tidak teliti akan berkurang dengan sendirinya.

Lalu bagaimana cara menghentikan Layanan Penyedot Pulsa di Indosat IM3 atau Mentari?, hal ini bisa dilakukan dengan mengikuti 3 tips berikut ini. Dan jika ketiga cara tersebut di bawah masih belum ampuh juga menghentikan penyedotan pulsa, maka tiba saatnya kamu mendatangi gerai resmi Indosat untuk meminta mereka untuk menghentikan layanan penyedot pulsa ini di level yang lebih tinggi. Jika nomor Indosat Ooredoo ini hanya digunakan sebagai nomor internet, maka lebih baik menyingkirkannya jauh-jauh dan menggantinya dengan nomor internet yang lain.

Sedikit informasi yang perlu diketahui. Pada dasarnya yang membuat pulsa salalu terpotong sebagaimana disebutkan diatas bisa di sebabkan banyak hal. Namun yang umum menjadi biang keroknya ialah karena ada sebuah layanan premium yang telah aktif di nomor kamu.

Merasa tidak pernah mendaftar pada layanan premium apapun? Yah mungkin saja. Namun tanpa sadar, bisa saja kamu pernah terjebak untuk mendaftar ke layanan premium tertentu, entah itu lewat registrasi SMS ataupun melalui dial UMB.

Apa bila nomor Indosat sudah terdaftar dalam layanan premium, jangan heran bila pulsa kamu akan terpotong terus. Bahkan dalam kasus tertetu itu terjadi tiap hari, selama pulsa masih cukup untuk di pangkas.

Cara Menghentikan Layanan Penyedot Pulsa IM3

Untuk itu sebagai solusinya, matikan layanan premium yang sedang aktif di nomor Indosat IM3/Mentari kamu dengan tiga cara seperti dibawah ini.

1. Menghentikan Layanan Penyedot Pulsa
Mungkin kamu pernah menerima SMS berisi info-info yang tidak jelas, misalnya dari nomor 99517 atau 99787. Nah nomor tersebut dikenal merupakan layanan premium yang akan mengambil pulsa setiap mengirimkan SMS ke nomor kamu.

Agar pulsa tidak terpotong lagi, silahkan matikan layanan penyedot pulsa tersebut dengan cara sebagai berikut”

Ketik pesan STOP lalu kirim ke nomor layanan premium bersangkutan, misal ke 99517

(pesan dikirim ke nomor premium yang bersangkutan. Misal ingin keluar dari layanan premium 99517, maka kirim pesan STOP ke 99517)

Jika berhasil, proses penyetopan layanan premium akan memakan waktu 1×24. Jadi silahkan saja tunggu saja hasilnya.

2. Hentikan Semua Layanan Penyedot Pulsa

Apabila pulsa sering terpotong dan kamu tidak mengetahui layanan apa saja yang aktif di nomor-mu, maka cara termudahnya, nonaktifkan saja semua layanan premium yang aktif lewat dial *726# atau sms ke 726.

Lewat dial *726#

Lakukan panggilan ke *726#. Berikutnya pilih 1 Status jika ingin mengetahui layanan apa saja yang aktif di nomormu, atau jika tidak mau repot silahkan saja langsung pilih 2 Stop untuk menonaktifkan semua layanan premium yang aktif.

Layanan Penyedot pulsa IM3 yang menjengkelkan

Lewat SMS ke 726

Ketik pesan STATUS lalu kirim ke 726 untuk cek layanan premium apa saja yang aktif, atau ketik STOP kirim ke 726 untuk berhenti dari semua layanan premium penyedot pulsa yang aktif di nomormu.

3. Cara Lain Untuk Menyetop Layanan Penyedot Pulsa

Layanan premium seperti layanan info Zodiac, Joke dan Game mungkin tidak dapat di stop dengan dua cara yang telah diberikan diatas. Jadi untuk solusinya, kamu bisa melakukan cara lainnya seperti berikut ini.

Dari handphone, lakukan pangilan ke *123*44#. Dan dari dari menu yang muncul pilih 1 Unreg layanan tertentu bila kamu hanya ingin keluar dari salah satu layanan, atau pilih 2 Unreg SEMUA Layanan bila ingin berhenti dari semua layanan premium.

Stop Layanan Premium Penyedot pulsa Im3 dan Mentari

Jika ketiga cara menghentikan layanan penyedot pulsa IM3 dan Mentari masih tidak manjur, maka segera ke gerai resmi Indosat Ooredoo dan ajukan permohonan untuk menghentikan semua layanan SMS premium berbentuk apapun yang terhubung dengan nomor yang kamu gunakan. Lakukan sesegera mungkin karena jika mengulur-ulur waktu maka pulsa akan tersedot terus.

6 Hal yang Dilarang Dilakukan di Smartphone Android

Hal yang Dilarang di Android – Smartphone Android telah menjadi ekosistem mobile yang populer digunakan oleh banyak kalangan terutama para pabrikan smartphone. Dengan keunggulan Android yang bersifat open-source telah memberikan kesempatan berbagai pihak untuk menggunakannya dan berlomba-lomba menambahkan berbagai fitur selain fitur standar yang sudah ada. Hanya saja ternyata ada beberapa hal yang dilarang dilakukan sdi smartphone Android. Hal ini penting agar smartphone tak hanya bisa digunakan untuk berkomunikasi melalui aplikasi pesan instan, kamu juga bisa bersenang-senang seperti bermain gim, menonton film secara streaming, dan juga mencari pasangan di aplikasi kencan online.

Hal yang dilarang dilakukan di smartphone Android

Bukan itu saja, dengan smartphone Android, kamu bahkan bisa berbelanja melalui aplikasi belanja online, mencari informasi lewat aplikasi berita, juga melakukan aktivitas sehari-hari seperti mengedit foto dan lain sebagainya.

Nah, agar smartphone Android kesayangan kamu awet, jangan sekali-kali melakukan 6 (enam) hal ini. Sebagai perangkat canggih, smartphone Android juga butuh perhatian khusus dari penggunanya.

1. Lupa Mengaktifkan Fitur Lock Smartphone Android
Semakin sering kamu berinteraksi dengan smartphone Android, kian banyak pula data yang tersimpan di dalamnya: mulai dari foto, video, data pekerjaan hingga percakapan penting. Karena itu, amankan semuanya dengan selalu mengunci layar smartphone.

Ada banyak cara mengunci smartphone, bisa menggunakan PIN, password, dan kunci pola. Bahkan saat ini kamu bisa menggunakan sidik jari atau iris scanner.

2. Malas Melakukan Update
Tidak hanya di samrtphone berbasis iOS seperti iPhone, di smartphone Android juga selalu tersedia update dari pabrikan smartphone yang Anda gunakan, lakukan download untuk segera mengupdatenya. Karena setiap kali ada update sistem operasi, Google bukan hanya memberikan tampilan baru, tapi juga menambahkan fitur baru dan menambal celah keamanan.

3. Hindari Men-charge Smartphone Menggunakan Colokan USB Komputer
Selalu bawa adapter charger bawaan smartphone ke mana pun kamu pergi. Jangan biasakan mengisi daya smartphone lewat colokan USB komputer, karena hanya akan merusak baterai.

Selain itu, jika kamu sembarangan isi daya di komputer orang, bisa-bisa data kamu ikut pindah.

4. Lupa Melakukan Backup
Jika di smartphone kamu banyak data penting, jangan lupa backup. Misalnya backup obrolan di aplikasi pesan instan ke Google Drive, foto ke Google Photos atau backup ke komputer. Kamu tidak tahu kan, kapan smartphone Android kamu rusak atau hilang?

5. Jangan Semuanya Disimpan Online
Dengan internet super cepat 4G LTE saat ini, semua bisa disimpan online dengan cepat dan mudah. Foto, video hingga dokumen, tapi jangan hanya menyimpannya secara online, selalu buat cadangan secara offline di komputer atau hard disk eksternal.

Mengapa? Kamu tidak pernah tahu sampai kapan layanan online ini akan bertahan. Jika terjadi sesuatu pada layanan online tersebut, apa kabar data-datamu? Sebagai pengingat, hal ini pernah terjadi saat banyak orang menggunakan MegaUpload.

6. Jangan Sembarangan Menginstal Aplikasi
Dengan banyaknya aplikasi di Google Play Store, apa kamu yakin aplikasi-aplikasi itu aman semuanya? Jangan asal menginstal aplikasi di Android, apalagi jika dari luar Google Play Store, bisa-bisa smartphone kamu terancam malware berbahaya.

Dengan mengaplikasikan 6 hal yang dilarang dilakukan di smartphone Android seperti di atas, maka setidaknya Anda bisa meminimalisir celah keamanan yang bisa digunakan oleh orang lain untuk mengksploitasi atau meretas data yang ada di samrtphone. Apalagi di era yang semkain modern dan cepat ini, banyak ditemukan berbagai kalangan mengandalkan samrtphone mereka sebagai penyimpan data penting.

Aman Gak Sih Nyalain Bluetooth di Pesawat?

Aman Mnyalakan Bluetooth di Pesawat – Seperti sudah kita ketahui bersama, banyak maskapai penerbangan melarang penggunaan telepon seluler di pesawat. Larangan ini selalu mereka ulang-ulang agar para penumpang peduli akan keselamatan penerbangan dengan beralasan frekuensi jaringan seluler dapat mengganggu frekuensi antara pesawat terbang dan menara kontrol, juga adanya peraturan perundangan-undangan yang menyebutkan hal tersebut. Dengan adanya hal tersebut di atas, maka pabrik smartphone pun menyediakan fitur modus penerbangan di setiap telepon seluler atau smartphone bikinan mereka.

Amankah Menyalakan Bluetooth di Pesawat

Bagi penumpang, yang tetap ingin berkomunikasi melalui smartphone miliknya, sejumlah maskapai memberikan solusi berupa layanan WiFi tambahan di pesawat. Dengan layanan ini penumpang dapat mengakses internet, sehingga selain bisa berkomunikasi dengan orang-orang terdekat melalui aplikasi perpesanan atau media sosial, ia bisa melakukan banyak aktivitas lainnya.

Nah, mungkin di antara kamu ada yang bertanya-tanya, apakah aman menyalakan Bluetooth di pesawat? Ya, bisa jadi kamu ingin mendengarkan lagu di smartphone via earphone atau headphone nirkabel berbasis Bluetooth selama penerbangan. Mungkin juga kamu ingin mengetik dokumen, menyiapkan balasan email, atau melakukan pekerjaan lainnya di smartphone dengan keyboard nirkabel berbasis Bluetooth.

Pelarangan Bluetooth di Pesawat

Beberapa maskapai penerbangan melarang keras segala jenis perangkat dengan fitur Bluetooth di penerbangan, tetapi beberapa maskapai lainnya hanya melakukan pembatasan terhadap Bluetooth di ponsel.

Mengapa? Sama seperti pelarangan telepon seluler, perangkat Bluetooth juga berpotensi menyebabkan gangguan pada frekuensi radio yang digunakan untuk komunikasi antara pesawat terbang dan menara kontrol. Nah, kalau kamu memiliki perangkat Bluetooth penting, misalnya perangkat medis atau perangkat penunjang lainnya, sebaiknya kamu mengonfirmasi langsung hal ini ke maskapai.

Kapan Waktu yang Aman Menggunakan Bluetooth di Pesawat

Bila perangkat Bluetooth diizinkan di pesawat, biasanya ada aturan khusus yang menentukan kapan Bluetooth bisa dinyalakan. Sebelum lepas landas sampai pesawat mencapai ketinggian tertentu, maskapai selalu meminta penumpang untuk mematikan perangkat elektronik untuk menghindari sinyal tak dikenal yang dikirim dari perangkat yang dapat mengganggu pesawat. Begitu juga perangkat Bluetooth harus dimatikan sampai ketinggian tertentu. Saat pesawat hendak mendarat, perangkat harus kembali dimatikan.

Aturan Khusus Bluetooth di Pesawat

Setelah dapat kepastian bahwa kamu bebas menggunakan perangkat Bluetooth, ada aturan khusus lain yang mesti kamu tahu. Kalau kamu menggunakan Bluetooth di perangkat seluler atau perangkat berkemampuan VoIP, kamu harus menonaktifkan kemampuan komunikasi di perangkat itu.

Pada smartphone kamu bisa menyalakan modus pesawat terbang (Airplane Mode). Modus ini mematikan aktivitas seluler, Wi-Fi, dan Bluetooth, sehingga kamu perlu menyalakan kembali Bluetooth secara manual sebelum menggunakan perangkat Bluetooth dengan smarpthone kamu.

Perlu kamu tahu, beberapa teknologi nirkabel tidak secara spontan dikenali sebagai Bluetooth. Kalau kamu berencana membawa perangkat nirkabel ke pesawat, cari tahu lebih lanjut langsung ke kebijakan maskapai terkait penggunaan Bluetooth.

Banyak maskapai penerbangan tidak menyebutkan batasan Bluetooth secara spesifik apakah bluetooth aman dinyalakan saat di pesawat terbang. Hanya saja di praktek dunia penerbangan, peralatan elektronik selain smartphone masih bisa digunakan dengan catatan harus dimatikan saat proses take-off dan landing atau mendarat. Karena seperti kita ketahui, kedua proses ini sangat penting sekali bagi sebuah pesawat dan pilot membutuhkan konsentrasi yang tinggi sehingga gangguan yang tak perlu seperti sinyal yang berasal dari peralatan elektronik yang Anda gunakan sebaiknya dimatikan. Yang tak kalah penting, kebanyakan maskapai membatasi penggunaan perangkat Bluetooth, bukan melarang. Kalau penerbangan kamu membatasi atau bahkan melarang penggunaan Bluetooth, harus kamu memahami ini demi keamanan.